Pengembangan Guru Berkelanjutan

Program Beasiswa Magister (S2) Hybrid Learning untuk Guru Berprestasi

Kerja Sama antara Ditjen PMPTK, SEAMOLEC, ITB, dan UGM

Definisi Program

SEAMOLEC bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) Depdiknas melalui Lembaga Penjamin Mutu Pendidik (LPMP) Jawa Barat dan LPMP D.I. Yogyakarta menyiapkan program magister untuk para guru berprestasi melalui pola hybrid learning, perpaduan perkuliahan tatap muka di kampus utama dan perkuliahan terbuka dan jarak jauh (open and distance learning) di sub kampus. Dalam desain program ini, perkuliahan tatap muka (sementara ini) dapat dilaksanakan di UGM dan ITB, sedangkan kuliah terbuka dan jarak jauh dapat dilaksanakan di sub kampus maupun tempat bekerja para mahasiswanya. Mahasiswa dapat memilih sub kampus sesuai dengan letak dimana tempat kerjanya berada. Berikut daftar institusi yang sejauh ini akan siap menjadi sub kampus dalam program ini, yaitu:

  • Universitas Negeri Padang (UNP) di Padang untuk wilayah Sumatera Barat dan sekitarnya,
  • SEAMOLEC di Jakarta untuk wilayah Jabodetabek dan sekitarnya,
  • LPMP Jawa Barat di Bandung untuk wilayah Jawa Barat dan sekitarnya,
  • Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) di Semarang untuk wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya,
  • LPMP D.I. Yogyakarta di Sleman untuk wilayah D.I. Yogyakarta dan sekitarnya, dan
  • Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Teknologi di Malang untuk wilayah Jawa Timur dan sekitarnya.

 

Komponen:

  • Biaya Pendidikan (langsung dibayarkan oleh penyedia kepada provider)
  • Subsidi Transportasi (Rp.400.000,- per bulan)

Penyedia:

  • Ditjen PMPTK melalui LPMP Yogyakarta dan LPMP Jawa Barat
  • SEAMOLEC

Kuota:

UGM disediakan 40 kuota beasiswa.

ITB disediakan 45 kuota beasiswa.

Selain beasiswa dari Ditjen PMPTK dan SEAMOLEC, Pemerintah Daerah juga dapat berkontribusi mengembangkan SDM pendidik dan tenaga kependidikan di wilayah kerjanya, maupun masyarakat umum yang ingin mengembangkan SDM secara pribadi.

Pendaftaran Online dan Pengiriman Berkas Terakhir tanggal 31 Mei 2009.

Baca sesuai aslinya…

Comments
  1. win wiyono says:

    Saya Mengharapkan ada beasiswa S-2 yang benar – benar untuk guru dan tepat sasaran. Seperti halnya dengan teman -teman seprofesi yang mana gaji yang didapat tidak memungkinkan untuk melanjutkan S-2.

    • stewajogja says:

      Terimakasih atas komentarnya.
      Program beasiswa sebenarnya banyak sekali ditawarkan, sebagian besar adalah studi ke luar negeri. Bahkan jika mau di sana bisa “nyambi” kerja dengan gaji yang bisa dikatakan cukup.
      Bisa tanya sama google.
      Ketik saja : scholarship for teacher 2010 aplication filetype:doc
      Kami temukan sekitar 6000 link yang muncul. Bisa Bapak isi 10 – 20 aplikasinya….
      selamat mencoba.. dan sukses…

  2. Suryana, S.Pd. says:

    Apa nama site jika ingin mendaftar?

  3. ade says:

    salam indonesia, semoga tetap jaya dan akan selalu jaya.
    berangkat dari selogan itu, saya atas nama bangsa indonesia yang tidak akan lelah dengan suatu pekerjaan yang menurut saya pekerjaan ini adalah sebagai proyek raksasa yang membutuhkan extra power strong, dan juga akal dan pikiran yang berqualitas, tiada lain adalah sebagai tenaga pengajar (guru).
    dengan tidak mengurangi rasa hormat saya kepada pihak seamolec yang turut andil dalam kesediannya sebagai wadah untuk mengembangkan sdm guru di indonesia khusus nya. semoga apa yang dikerjakan nya bisa bermanfaat dan di rasakan oleh anak bangsa di seluruh tanah air ini khususnya untuk saya pribadi semoga niat saya untuk melanjutkan ke jenjang lebih tinggi bisa juga di rasakan oleh saya. amin

  4. kusdiyanto prayogo,S.Pd says:

    saya guru fisika SMA N 9 Bengkulu ingin skali melanjutkan ke jenjang S2 namun terkndala dana.. Mhon bantuan informasi beasiswa yang bisa saya dapatkan mengingat bengkulu adalah salah satu daerah tertinggal di indonesia dan mohon kemudahan mendapatkan beasiswa tersebut..atas bantuannya saya ucapkan terima kasih..

  5. NANANG SETIAWAN, ST says:

    Bapak/Ibu Rektor yang terhormat,
    Sebelumnya mohon ma’af, secara singkat akan saya sampaikan keadaan pribadi saya. Saya adalah seorang Guru Swasta di salah satu SMK Swasta di Pacitan. Saya adalah penyandang Cacad Folio, saat ini saya telah memiliki istri dan seorang anak. Bapak/Ibu yang terhormat, saya ada keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (S2). Namun terus terang, dengan pendapatan seorang guru swasta seperti saya ini, maka sangat kecil kemungkinan saya untuk menempuh studi tersebut. Yang ingin saya tanyakan dan sampaikan, apakah di Universitas Yogyakarta ada kemudahan (beasiswa atau program apapun) bagi saya untuk menempuh S2 tersebut.
    Atau maaf Bapak/Ibu yang terhormat, mungkin secara diberikan fasilitas secara khusus untuk menempuh studi tersebut.
    Bapak/Ibu yang terhormat, demikian hal yang ingin saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu saya ucapkan beribu terima kasih.

  6. afrial, SPd says:

    Saya sudah dua kali dapat kesempatan beasiswa ke Belanda. Pertama th 2007 dari sebuah Perusahaan advertising tapi tidak bisa berangkat karena dinas tidak memberi ijin dengan alasan tidak ada MoU antara perusahaan yang bersangkutan dengan Pemerintah / dinas. Tahun 2009 dari Utrecht kerjasama Unsri dan Unesa. Ini juga gagal berangkat karena Utrecht hanya menyediakan beasiswa selama pendidikan di Belanda yakni 1 th sedangkan 1 th di Indonesia ditanggung DIKTI, ttp krn saya PNS Guru (bukan dosen) DIKTI juga tdk mau mendanai saya. Sebagai informasi, dari 40 yg lulus, dari SUMSEL cuma ada 2 yakni sy dan satunya dosen UNSRI dan sy dengar dari seluruh peserta dari Indonesia hanya ada dua guru yg lulus termasuk sy, ttp yg satunya dpt bantuan dana dari yayasan tempatnya mengajar, (Ternyata yayasan jauh lebih memperhatikan gurunya dibanding ……) Saya sdh usahakan minta bantuan DIKNAS Kabupaten, Propinsi bahkan Pemda, tdk ada yang mau membantu. Dengan kecewa terpaksa saya mengundurkan diri krn dengan biaya sendiripun saya tdk diterima oleh PMRI.
    Ada yang bisa bantu jln keluarnya jika nanti saya dapat beasiswa yang seperti ini lagi? Trims
    Afrial_bkt@hotmail.com

  7. fernando aritonang says:

    saya guru SMK Teknik Kendaraan Ringan, saya ingin melanjutkan Pendidikan ke jenjang S2. ada tidak beasiswa yang bisa membantu saya untuk melanjut ke S2?

  8. andi ridwan says:

    ada yang tau ng persyaratan apa saja untuk mengikuti beasiswa s2 ke madinah untuk guru agama ???sukron jaza kumullohu khoiro katsiron………

  9. m.zainudin says:

    saya guru mp kewirausahaan smk plus arrahmah papar kediri ingin beasiswa s2 manajemen pendidikan

  10. M. Arief Satya Munandar says:

    Persyaratan buat mendapatkan beasiswa bagi guru di daerah pedalaman yang sulit aksesnya menggunakan internet bagaimana?????????

  11. ARIF says:

    Aku mau beasiswa penuh, aku guru honorer murni, gajiku 200 ribu gimana ……….?

  12. djoko s says:

    Beasiswa s2 bagi guru
    PendaftaranOnline dan Pengiriman Berkas Terakhir tanggal 31 Mei 2009.bagi gupres 2008 diatas udah usai.
    kapan dibuka lagi untuk tahun 2010, bagi gupres 2009.
    Standart IPK harap/mohon dibedakan bagi negeri dan swasta.
    contoh : IPK neg > 2.00
    IPK swt > 2.75

  13. Ai Tin Sumartini, S.Pd says:

    Saya termasuk salah satu Guru Berprestasi Juara Ke-2 Tingkat Propinsi Jawa Barat dan berkeinginan untuk melanjutkan S2 ke UPI Bandung sesuai dengan jurusan S1 saya yaitu PKn, apakah bisa mengajukan permohonan besasiswa Guru Berprestasi ke Dirjen PMPTK

  14. HAIRA ZULFIA says:

    saya guru SMK di Agam tolong kasih kabar kapan beasiswa S2 untuk jurusan teknik komputer dan jaingan

  15. Program Beasiswa dari pemerintah ternyata masih ada diskriminasi, saat ini yang tersedia hanya bagi guru SMA dari Dirjen Pendidikan Menengah , bagi guru SMP nggak ada saya sekarang sedang menempuh kuliah S2 di UPI yang paralel dengan S1 pernah menjadi Guru prestasi ke-2 tk propinsi, juara 2 Lomba Media tk.nasional dan juara 2 LKG Nasional, adakah kesempatan untuk memperoleh bantuan pendidikan? Hanya saya berharap pendidikan dengan biaya sendiri ini memperoleh nilai lebih dan manfaat untuk peningkatan profesionalisme

Leave a Reply

